Percetakan Gaul - Menemukan pendamping yang bisa melengkapi satu sama lain sepanjang sisa usia adalah anugerah bagi setiap orang. Untuk itu menikah tidak bisa diputuskan secara sepihak atau pun secara asal-asalan. Melainkan butuh pertimbangan yang matang. Menikah memang sebaiknya tidak dijadikan target hidup, sebab usai menyelenggarakan pernikahan seseorang tidak semata-mata menemukan titik akhir kehidupannya. Meski demikian, mayoritas orang-orang pasti ingin melaksanakan pernikahan dalam suasana yang sakral sekali seumur hidupnya. Untuk itu setiap detail persiapan pernikahan harus diperhitungkan secara matang, salah satunya adalah undangan pernikahan.

3 Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Undangan Pernikahan

Tidak sedikit orang yang memandang sebelah mata atas kehadiran undangan pernikahan. Hal ini bisa dibuktikan bagaimana pasangan yang hendak menikah tidak terlalu memperhatikan undangan pernikahan mereka. Baik dari penulisan isi undangan, desain sampai ke bahan baku undangan yang digunakan. Meski terlihat sepele dan hanya digunakan sekali saja, undangan pernikahan adalah salah suatu bentuk attitude baik yang dilayangkan oleh pasangan kepada para tamu. Melalui undangan pasangan yang akan menikah meminta kesediaan para tamu untuk datang ke acara mereka dalam rangka memberikan restu dan do'a. Untuk itu mengundang tamu pun perlu dilakukan dengan cara yang baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan undangan dengan sebaik-baik bentuk dan isi yang dimuat di dalamnya.

Untuk membantu para pasangan yang akan menikah, berikut ini telah kami berikan tiga hal yang harus diperhatikan dalam mencetak undangan pernikahan. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Tentukan Tempat, Hari, Tanggal Serta Waktu yang Jelas

Yang terpenting dalam setiap penyelenggaraan acara dan kegiatan adalah kapan waktu berlangsungnya acara serta dimana acara akan diselenggarakan. Demikian pula halnya dengan pernikahan yang akan diselenggarakan. Untuk itu undangan haruslah memuat tempat, hari, tangal serta waktu yang jelas. Bila perlu berikanlah denah lokasi di dalam undangan. Sehingga para tamu yang akan datang dapat memperkirakan berapa lama perjalanan, pukul berapa mereka harus berangkat serta memungkinkan untuk mencari jalur alternatif apabila menemukan kemacetan. Dengan begitu para tamu yang datang akan tepat waktu dan acaramu tidak akan berjalan mulur.

Di samping itu, selama ini kebanyakan undangan hanya memberitahukan waktu mulainya acara. Sementara acara berakhir tidak dituliskan dengan jelas, misalnya pukul 08.00 sampai dengan selesai. Akan lebih baik jika kamu tetapkan waktu selesainya acara pernikahanmu juga. Hal ini dimaksudkan agar baik pihak tamu undangan maupun pengantin sama-sama merasa nyaman. Terutama jika kamu menggunakan gedung untuk acara pernikahan. Para tamu pun tidak perlu bertanya-tanya kapan acara selesai sebab mereka memiliki keperluan dan urusan lain.

2. Desain Undangan Pernikahan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa masih banyak orang yang belum tahu apa maksud dari undangan pernikahan yang disebar kepada tamu undangan. Sehingga mereka masih belum bisa menghargai betapa pentingnya bentuk undangan pernikahan.

Pada dasarnya undangan pernikahan diberikan untuk memberi tahu informasi seputar acara. Mulai dari hari, tanggal, waktu sampai lokasi acara akan dilangsungkan. Meski demikian bukan berarti kamu bisa memberikan undangan pernikahan kepada para tamu dalam bentuk asal-asalan dan ala kadarnya. Sebab undangan juga dinilai sebagai salah satu bentuk etika penyelenggara acara kepada para tamu undangan. Sehingga sudah sepantasnya undangan dibuat dalam bentuk yang sebaik-baiknya dan enak dipandang mata. Jangan salah mengartikan dengan membuat undangan haruslah wah serta mahal, ya! Dengan desain simple dan elegan pun kamu bisa mengundang para tamu dengan cara yang berkesan serta biaya yang sesuai budget kamu, kok!

3. Penulisan Nama

Hal lain yang penting untuk diperhatikan pula adalah penulisan nama dalam undangan, baik nama pasangan yang akan menikah maupun nama tamu yang akan diundang. Tidak jarang kita temukan nama pasangan menggunakan singkatan atau nama pendek yang tidak banyak diketahui orang-orang. Dengan kata lain hanya orang-orang terdekat saja yang mengetahui nama pasangan tersebut.

Baca Juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Cetak Kotak Sepatu

Ada baiknya nama ditulis lengkap di dalam undangan. Beserta dengan nama orang tua para pengantin. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesalahan teknis mengingat terkadang orang memiliki nama yang sama. Atau sebaliknya, tamu undangan adalah kerabat orang tua pasangan yang belum mengenal calon pengantin.

Demikian halnya dengan nama para tamu. Berbagai nama tersebut ada baiknya dituliskan dengan lengkap beserta alamat rumahnya. Sehingga jika kamu menggunakan kurir pengantar, ia tidak akan kerepotan mencari alamatnya.

Topic revision: r1 - 27 Feb 2020 - 03:57:16 - PercetakanGaul
 
This site is powered by the TWiki collaboration platformCopyright © by the contributing authors. All material on this collaboration platform is the property of the contributing authors.
Ideas, requests, problems regarding TWiki? Send feedback